23 September 2009

Pengenalan Oracle

Mungkin banyak diantara anda yang bertanya apakah itu oracle? ataukah anda sering mendengarnya namun tidak tahu dengan pasti untuk apakah oracle itu? di sini akan dibahas selengkapnya mengenai oracle..

oracle adlaah software databse yang banyak dipakai di perusahaan - perusahaan besar saat ini.. software ini juga banyak diminati oleh para konsultan pembuat aplikasi yang berhubungan dengan database. sistem keamanannya yang handal membuat para profesional yang berkecimpung dalam dunia database lebih memilih oracle sebagai perangkat untuk menunjang kegiatan bisnis mereka.

Disamping sistem keamanannya yang handal, oracle merupakan software database yang bisa menampung serta mengelola data dengan kapasitas yang sangat besar serta dapat mengaksesnya dengan sangat cepat pula. Sintaks SQL-nya yang hampir seluruhnya telah memenuhi standar ANSI-92 lebih memudahkan para programmer database dalam membangun aplikasi naik dari sisi 'back-end' maupun 'front-end'. demikian pula bagi seorang administrator yang berkecimpung dalam menangani administrasi database serta bertanggung jawab terhadap keamanan database akan sangat terbantu dengan software oracle yang lebih 'establish' ini.

Terdapat 2 macam oracle bagi anda yang ingin mempelajarinya :
  • Oracle Developer
  • Software ini ditujukan bagi anda yang ingin membangun aplikasi dari sisi 'front-end' atau dari sisi user-interface
  • Oracle DBA
  • Software ini ditujukan bagi anda yang berminat dalam pembuatan program atau aplikasi dari sis 'back-end' atau sisi database. selain itu software ini juga diperuntukkan bagi anda yang berminat menjadi seorang DBA atau Database Administrator dengan Oracle
Selain produk diatas, Oracle juga mengeluarkan sebuah produk 'Oracle Designer' yang berfungsi untuk keluaran desain suatu sistem.

Sebelum mengerti lebih jauh mengenai oracle, mutlak dibutuhkan pengetahuan mengenai SQL dan PL/SQL. Pengetahuan mengenai SQL dan PL/SQL adalah dasar pengetahuan bagi anda sebelum memilih bidang kajian dalam database yang akan anda tekuni nanti.

Pengetahuan SQL dan PL/SQL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar