22 September 2009

Futsal = Sepakbola + Basket

2009 ini. tidak salah jika dikatakan bahwa futsal adalah olahraga yang paling populer di indonesia.
sesuai dengan survei yang ada, futsal termasuk dalam peringkat 5 besar olahraga yang paling diminati di indonesia. selain renang, baket, bulutangkis, dan sepakbola. memang benar, futsal tengah merajalela di negara 'merah putih' ini.

kata 'futsal' berasal dari bahasa Spanyol, yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan), yang jika digabung artinya menjadi “Sepak Bola dalam Ruangan”. Futsal, juga dijadikan salah satu pilihan olahraga bagi semua kalangan. baik anak muda, pelajar, mahasiswa, maupun orang kantoran. selain karena banyaknya arena tempat bermain futsal, biaya nya pun relatif terjangkau. faktor itulah yang memicu banyak yang menjadikan olahraga ini sebagai pilihan utama untuk beraktivitas, walau hanya sebagai hobi ataupun untuk mencari setetes keringat. tidak heran olahraga yang mulai populer di era-2005 an ini, kini mulai dipertimbangkan sebagai suatu cabang olahraga internasional.

Lantas, bagaimanakah konsep awal diciptakannya olahraga futsal ini?? banyak yang mengaku sebagai pencipta olahraga ini, bahkan tiap negara punya sejarah yang berbeda untuk futsal.

Menurut FIFA, asal mula Futsal ini mulai pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay. Pertama Futsal ini diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani, seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Hujan yang sering mengguyur Montevideo membuatnya kesal, karena rencana yang Ia susun jadi berantakan karena lapangan yang tergenang air. Lalu Ceriani memindahkan latihan ke dalam ruangan. Pertama Ia tetap menggunakan jumlah pemain 11 orang, namun karena lapangan yang sempit, Ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang tiap tim, termasuk penjaga gawang. Ternyata latihan didalam ruangan itu sangatlah efektif dan atraktif. Sehingga mampu menarik minat banyak masyarakat Montevideo. Lalu banyak penggemar bola di kota itu yang mencoba permainan baru ini, dan jadilah Futsal olahraga yang digandrungi masyarakat luas.

Banyak yang mengatakan bahwa futsal adalah sepakbola yang berkonsep basket. dikarenakan jumlah pemainnya yang sama - sama terdiri dari 5 orang, besar lapangan yang nyaris sama, dan ciri permainan yang serupa. futsal dimainkan dalam tempo yang relatif cepat, bahkan tim - tim futsal yang bisa dibilang jago, selalu bermain dalam tempo yang sangat cepat. teknik serangan cepat, operan cepat, pergerakan cepat, semuanya merupakan teknik dasar basket kan??
hanya saja mungkin peraturannya yang berbeda, peraturan futsal sangat mirip dengan peraturan sepakbola biasa. perbedaannya terdapat pada lama permainan, dan banyaknya pergantian pemain yang bisa dilakukan.

Dalam sepakbola, pertandingan berjalan 90 menit ( 2 x 45 menit ), sedangkan futsal berjalan selama 40 menit ( 2 x 20 menit ). selain itu, banyaknya pergantian pemain yang bisa dilakukan dalam sepakbola adalah 3 x pergantian. sedangkan dalam futsal, pergantian pemain bisa dilakukan tanpa terbatas, bahkan pemain yang sudah ditarik keluar, bisa kembali bermain di lapangan. diluar itu semua, futsal adalah spakbola. futsal bisa juga dibilang 'sepakbola lapangan kecil'.

Lebih mirip dengan basket?? Atau mirip dengan sepakbola?? anda sendiri yang bisa menyimpulkan. yang manapun kesimpulan anda, nikmatilah futsal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar