22 September 2009

Musik orang pinter,,Jazz atau Metal??

Tidak ada siapapun di dunia ini yang tidak menyukai musik. walaupun berbeda - beda, ada yang menggandrungi musik Rock, R n B, Pop, Melayu, dll. semua itu merupakan jenis - jenis musik yang ada kan?? masing - masing dari mereka membanggakan musik yang mereka sukai. bahkan jika mendengar jenis musik lain, mereka cenderung meremehkannya, padahal sebenarnya tidak ada satu aliran pun yang lebih baik dari aliran musik lainnya.

sebagai contoh, banyak yang beranggapan musik jazz adalah musik yang paling elegan, yang bahkan untuk mendengarnya saja konon dibutuhkan konsentrasi yang sangat kuat. ' musik jazz itu musiknya orang pintar ', ucap beberapa orang yang mengidolai musik jazz. anggapan itu diambil karena, musik jazz merupakan salah satu musik yang diterima di kalangan bangsawan selain musik klasik.

anggapan ini tidak sepenuhnya benar. kini ada jenis musik yang juga sering didengar di kalangan 'terpelajar'. musik ini beraliran keras, dengan ciri distorsi yang tinggi, vokal yang cenderung menggunakan teknik growl, drum yang cenderung menggunakan double pedal. sudah tau? ya, musik itu adalah musik metal. sekitar 75% mengaku mendengarkan lagu keras ( metal, hardcore, dan sejenisnya ) di saat - saat tertentu.

mengapa musik metal yang notabene adalah musik kalangan 'bawah' mulai didengarkan oleh kalangan - kalangan terpelajar. hal ini berkaitan dengan sisi psikologis. orang - orang terpelajar cenderung susah untuk mengekspresikan dirinya. saat senang mereka berbagi kepada sekelilingnya, namun saat sedih, mereka cenderung memilih menyendiri untuk menenangkan hati. dari sinilah mereka mengenal musik yang beraliran keras. ciri metal yang banyak memperdengarkan teriakan - teriakan vokal, melodi yang cepat, perilaku pelaku - pelaku band ( headbang, lompat - lompatan, dll ), dirasa pas sebagai pelampiasan saat suasana hati sedang tidak enak, baik itu stres, sedih, marah, maupun ekspresi negatif lainnya.

namun, tidak berarti musik metal telah menggeser musik jazz. kedua jenis musik tesebut berbeda dalam cara penggunaan. jika musik - musik keras biasa didengar sebagai perwakilan suasana hati saat sedang susah. musik jazz, biasa digunakan untuk mencari ketenangan, inspirasi, dan momen - momen yang butuh mood tinggi lainnya.

lantas, jangan pernah lagi beranggapan bahwa 'metal' adalah musik nya orang- orang terbuang ya. tidak ada musik yang derajat nya paling tinggi, hanya penggunaanya saja yang berbeda. percaya atau tidak, tergantung pemikiran masing - masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar