25 Oktober 2010

Analisis Pesaing di bidang E-commerce


Bisnis E-commerce berkembang lumayan pesat di indonesia. banyaknya pengguna internet membuat bisnis di bidang ini mulai dilirik berbagai pihak. hal ini tentunya menimbulkan suatu kendala baru, yakni persaingan atau pesaing. maka dari itu selain melakukan analisis pasar seperti yang telah dibahas sebelumnya, lebih lanjut lagi perlu dilakukan analisis pesaing.

Keberhasilan bisnis e-commerce salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen pasar. Persaingan e-commerce dalam keberadaannya berlangsung pada berbagai jenis. Persaingan antar merek, persaingan antar jenis produk, persaingan harga. Pemahaman terhadap jenis-jenis persaingan tersebut, merupakan suatu kemampuan.

Dalam hal e-commerce persaingan yang terjadi selain dalam hal harga, persaingan juga terjadi dalam jenis produk yang ditawarkan. e-commerce yang bagus harus tau barang apa saja yang banyak dilirik oleh calon pembeli, dan selalu memperbaharui produk yang dijual. dengan kata lain diperlukan strategi yang baik dalam mengantisipasi hal "persaingan" ini.

Analisis persaingan baik di bidang e-commerce maupun dalam hal lain merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. jangan lupa, selalin memperhitungkan pesaing yang sudah ada, selalu bersiap untuk kemunculan pesaing baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar