18 Oktober 2010

Analisa Situasi Pasar ( E-Commerce )


E-commerce adalah bisnis penjualan barang melalui internet. Bisnis di bidang ini biasa dipilih karena maraknya pengguna internet belakangan ini,seperti yang telah saya posting beberapa saat yang lalu perihal bisnis di bidang informatika.

Untuk membentuk E-commerce itu sendiri perlu memperhitungkan (menganalisa situasi pasar) hal - hal berikut :
  • Barang yg ditawarkan
Tentukan barang apakah yang akan ditawarkan oleh e-commerce yang akan anda buat, secara umum hal ini dilakukan dengan melihat kebutuhan apakah yang secara umum sedang dibutuhkn saat ini ( dilihat juga dari trend yang ada ). Misal, seandainya olahraga sedang marak berkembang, maka barang yang tepat untuk ditawarkan adalah produk olahraga seperti sepatu, baju olahraga, dan alat olahraga itu sendiri.
  • Kualitas barang
Perhatikan juga kualitas barang yang akan ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan standar ( ISO ), perhatikan juga merk atau brand yang tertera, jika barang yang ditawarkan sudah mempunyai 'muka' di masyarakat, tentunya masyarakat akan mudah terpengaruh untuk membeli
  • Analisa konsumen ( mulai dari umur, jenis kelamin )
Tentukan target konsumen, apakah barang yg akan ditawarkan khusus untuk anak-anak,remaja,dewasa,manula atau untuk segala umur. Pria atau wanita. Penentuan target konsumen tentunya akan mempengaruhi bentuk fisik dari barang yang ditawarkan, baik dari warna, bentuk, corak, juga harga.
  • Harga
Tetapkan harga yang pantas untuk barang yang akan anda jual. Dan jangan pernah menawarkan harga jauh lebih murah atau lebih mahal ketimbang harga pasaran yang ada. tetapkan harga sewajar - wajarnya
  • Persaingan dengan E-commerce lainnya
Lihat contoh e-commerce yang sudah ada (tentunya akan menjadi saingan anda), lihat ap yang kurang dari bisnis e-commerce mereka, dan jangan sampai kekurangan itu ada dalam bisnis e-commerce yang akan anda buat.

Faktor - faktor diatas patut diperhitungkan agar bisnis e-commerce yang hendak dikembangkan berkembang dengan lancar. setiap orang tentunya mempunyai pandangan yang berbeda terhadap analisa pasar yang dilakukan, tapi tetap saja semua akan bermuara kepada satu tujuan, meraih kesuksesan. dan kesuksesan itu diraih karena perhitungan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar