06 Juni 2010

Diduga Singgung Islam, Sony Tunda Rilis Game

Perusahaan Entertainment, Sony telah memutuskan untuk menunda dirilisnya sebuah video game secara global dikarenakan dalam video game tersebut mengandung sesuatu yang mungkin menyinggung umat Muslim.

Banyak copy dari video game LittleBigPlanet yang telah ditarik kembali dari berbagai toko di seluruh dunia setelah diselidiki mengenai background track music dari video game mengandung dua frase yang berkaitan dengan Qur’an. Pihak Sony menyatakan minta maaf karena adanya kesalahan tersebut dan rencananya akan memodifikasi versi game LittleBigPlanet, dan akan dirilis mulai bulan depan.

Game LittleBigPlanet memang akan menjadi game concole PlayStation 3. Menurut laporan BBC, seorang kontributor forum online game telah memberikan petunjuk mengenai dua frase yang berkaitan dengan Qur’an, dan menambah mixing music dan juga kata dari text Islam yang paling suci, yang mungkin secara langsung telah menyinggung kaum Muslim.

Hal ini bukan kejadian yang pertama kalinya dari Sony. Delapan bulan lalu, Sony meminta maaf kepada Gereja Inggris setelah men-setting scene kekerasan dalam video game-nya dengan latar belakang Katedral Manchster. Dari kejadian tersebut, akhirnya video game tersebut batal dipublikasikan.

Sementara itu, untuk game LittleBigPlanet, yang dikembangkan oleh Media Molecule telah mendeskripsikan pembuatan game secara gamblang. Isi dari game tersebut membuat gamer dapat membangun level bermain mereka sendiri dan kemudian menukar mereka dengan permainan player yang lain, melalui jaringan PlayStation yang sama. Semua yang terlihat di game LittleBigPlanet, juga dapat dibuat sendiri oleh gamer, mulai dari tekstur, karakter player, dari berbagai object hingga level permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar